Senin, 20 Desember 2010

Warga Muaro Pijoan Demo Pertamina


MUAROJAMBI—Puluhan warga Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota melakukan aksi unjuk rasa, menuntut unit bisnis PT Pertamina melakukan pengaspalan jalan menuju desa mereka, Senin, (13/12) sekitar pukul 08.00 WIB.

Pantauan Media Jambi dilapangan, aksi yang berlangsung sekitar pukul 08.00 wib ini membuat para pegawai pertamina tidak masuk kerja. Sebab, mobil-mobil pribadi maupun mobil truk milik pertamina terhalang dengan diblokirnya ruas jalan dengan mendirikan tenda oleh warga.

Puluhan petugas kepolisian dibawah komando Kabag Ops Polres Muarojambi, AKP M.Ali, siaga melakukan pengawalan terhadap warga yang berorasi .

Warga menyebutkan sangat menderita dengan keadaan ruas jalan tanah di desa Muaro Pijoan yang tidak kunjung disentuh aspal. Setiap hujan turun, jalan tanah di desa itu berlumpur dan sangat sulit untuk dilintasi. Begitu pula saat musim kemarau, jalan berdebu menghambat penglihatan dan pernapasan.
Maka itu, warga sepakat menuntut PT.Pertamina yang berkantor di desa mereka , memberikan kompensasi. Selama ini, PT Pertamina tidak peduli dengan keadaan jalan desa. Padahal, setiap hari, mobil-mobil perusahaan rutin melintas diatas jalan itu. “Pertamina sudah puluhan tahun mengambil minyak di desa kami ini. Tapi, kami tidak pernah dapat apa-apa. Kali ini, kami meminta agar jalan kami diaspal. jika tidak, kami akan membolkir jalan ini selama seminggu,” kata Solihin, kordinator aksi.

Ditempat yang sama, Ketua Fraksi Nurani Rakyat DPRD Muarojambi Samsul Bahri mengatakan, sesuai kesepakatan pihak pertamina menyanggupi melakukan pengerasan ruas jalan sepanjang dua kilometer. Walaupun itu jalan pertamina, tapi dilewati masyarakat desa sebagai aktivitas sehari-hari. Sebenarnya Pertamina tidak ingin mengaspal dengan alasan mereka hanya dapat minyak 100 barel perbulan, artinya sedikit. Dengan di desak masyarakat, akhirnya menelorkan kesepakatan, Pertamina sanggup melaksanakan.
Hadir dalam pertemuan itu, Asisten Manejer Unit Bisnis area Jambi Hasanul Ashari dan Camat Jaluko, Dedi Susilo, anggota DPRD Muarojambi, Syafri Hasibuan bersama Ketua DPRD Muarojambi, Syahidan Alfajri.
Hasil pertemuan PT Pertamina sepakat akan mengaspal jalan Desa Muaro Pijoan tahun 2011 mendatang. Diawali dengan pengerasan dilajutkan pengaspalan. Setelah mendengar keputusan itu, warga menyatakan menerima dan selanjutnya membubarkan diri (boy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar