Minggu, 24 Oktober 2010

Jalan Teluk Nilau Rusak Parah

KUALATUNGKAL—Jalan Menuju ke desa Teluk Nilau yang merupakan sentra penghasil kelapa dan pinang di Kabupaten Tanjung Jabung Barat rusak parah. Jalan sepanjang 20 kilometer itu biasa bisa ditempuh dalam waktu 30 menit kini mencapai tiga jam. Akibatnya petani kesulitan mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunannya.
Pantauan Media Jambi, Jumat (22/10) hampir seluruh ruas jalan menuju Desa Teluk Nilau ini rusak parah. Aspal yang dibangun sejak enam tahun lalu kondisinya sudah terkelupas yang tertinggal hanya tanah kuning dan ketika hari hujan jalan ini seperti kubangan kerbau.
Satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan saat ini hanyalah sepeda motor, dan bila menggunakan kendaraan roda empat harus kendaraan yang memiliki doble kabin. Karena kendaraan jenis lain akan terpuruk dan tidak bisa berjalan. Sebagai solusi untuk bisa dilewati masyarakat meletakkan pohon kelapa sebagai alas berjalan kendaraan.
Manik Intang (40) seorang tukang ojek yang ditemui Media Jambi mengaku rusaknya ruas jalan ini telah berlangsung lama. Ongkos ojek dari simpang Teluk Nilau sampai ke Desa Rp 50.00/orang. Dulu ketika jalan masih bagus hanya Rp 15.000. “Ingatan saya sejak dibangun enam tahun silam sampai saat ini belum pernah diperbaiki,” ujarnya.
Dikatakannya, rusaknya ruas jalan ini juga berpengaruh terhadap harga komoditi pertanian dan perkebunan yang dihasilan petani di desa itu. Bahkan katanya ada sebuah jembatan darurat yang dibuat dari pohon kelapa. Jika tidak segera diperbaiki maka Teluk Nilau bisa jadi daerah terisolir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Pemerintah selama lima tahun belakangan ini kurang memperhatikan infrastruktur jalan di daerah ini. “Kami selaku warga Teluk Nilau berharap kepada Bupati yang baru terpilih dapat memperbaiki ruas jalan ini,” ungkapnya.
Menanggapi masalah ini, Calon Bupati terpilih Usman Ermulan kepada Media Jambi menmgatakan perbaikan jalan Teluk Nilau ini merupakan program utama dalam memperbaiki infrastruktur. Dengan bagusnya infrastruktur maka kesejahteraan petani dapat ditingkatkan. “Ruas jalan Teluk Nilau akan secepatnya kita perbaiki. Sebab disana merupakan salah satu sentra kelapa dalam dan pinang,” ujarnya usai pemilihan.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar