Minggu, 24 Oktober 2010

Perpustakaan Tanjab Timur Dikembangkan

TANJAB TIMUR—Kekurangan fasilitas perpustakaan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mendapat perhatian penting pemerintah. Diantaranya dengan mengalokasikan Dana Alokasi Khusus untuk pengembangan perpustakaan di berbagai tempat.
Kepala Dinas Pendidikan Tanjab Timur, Suparno menyatakan, masih banyak sekolah di Tanjab Timur kekurangan fasilitas Perpustakaan. “Untuk itu, dana alokasi khusus (DAK) pendidikan 2010 akan difokuskan ke sana,” ujar Minggu pekan lalu.
Kabupaten Tanjabtim mendapatkan jatah DAK pendidikan sebesar Rp20 miliar. Anggaran tersebut diberikan kepada sekolah tingkat dasar (SD) dan tingkat pertama (SMP) dengan jumlah sekolah mencapai 250 unit.
Pada awalnya, realisasi DAK pendidikan di Tanjabtim sedikit terhambat dikarenakan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) dari Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) RI belum turun.
“Setelah turunnya juknis dan juklak, prosentase realisasi pelaksanaan sampai saat ini sudah mencapai 70 persen,” kata Suparno. Selain fokus pada pengembangan perpustakaan, Dinas Pendidikan (Dispendik) Tanjabtim juga terus meningkatkan pembangunan fisik sekolah melalui DAK. Khususnya sekolah yang berada dikawasan terpencil.
“Khusus sekolah di kawasan terpencil selain perpustakaan, kami juga memfokuskan pada pembangunan fisik sarana prasaran seperti gedung, fasilitas mandi cuci kakus (MCK), bangku dan meja belajar,” katanya. Terkait pelaksanaan DAK di tiap sekolah, Suparno mengaku sudah jauh-jauh hari mewanti-wanti kepada seluruh kepala sekolah (Kepsek) agar mengikuti juknis pelaksanaan DAK, sehingga proses pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan lancar.
“Saya sudah berulangkali ingatkan, karena DAK pengelolaannya ada di tiap sekolah. Kami tidak ingin di belakang hari timbul masalah,” ujarnya. Kuota DAK Tanjabtim 2010 lebih besar dibanding 2009 yang hanya sekitar Rp15 miliar. Hal itu dikarenakan pada 2010 seluruh SMP negeri di Tanjabtim tercatat menerima DAK. Sementara pada 2009 DAK hanya diberikan khusus untuk SD.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar