Senin, 12 Juli 2010

Arifien Manap Siap Bertarung di Sarolangun

MEDIA JAMBI – Lantaran tak kuasa menolak, mantan Walikota Jambi, Arifien Manap akhirnya memutuskan serius maju sebagai bakal calon Bupati Sarolangun periode 2011 – 2016. Menyusul banyaknya permintaan dari sejumlah tokoh lokal, termasuk gubernur terpilih, Hasan Basri Agus belum lama ini.
 “Mau gimana lagi, saya tidak kuasa menolaknya. Langkah ini saya ambil untuk melanjutkan program Sarolangun Emas menjadi Emas Permata,” ungkap Arifien Manap kepada Media Jambi di Sekretariat Partai Golkar Kota Jambi, Kamis (8/7) siang.
Menurut dia, awalnya tak serius, namun kuatnya desakan sejumlah tokoh lokal, ditambah lagi dorongan dari Gubernur Jambi terpilih, Hasan Basri Agus, membuat ia tak dapat menolak. Katanya, HBA berharap, Arifien mau balik kampung untuk memajukan Sarolangun. Apalagi, selama kepemimpinannya dua periode di Pemerintahan Kota Jambi, dinilai cukup berhasil dan diharapkan dapat diterapkan di tanah kelahirannya. “Saya terus diminta, salah satunya HBA,” tutur mantan Walikota Jambi dua periode itu.
Keseriusannya mulai terlihat dengan adanya komunikasi politik dengan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Sarolangun.. Diantaranya Demokrat, PBR dan PKS. Koalisi ini diyakini bakal terjalin lantaran keempat partai ini juga sukses menghantarkan HBA – Fachrori sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2010 – 2015. Bahkan, Arifien pun bakal memanfaatkan tim sukses HBA – Fachrori Kabupaten Sarolangun yang hingga kini belum dibubarkan.
“Tim sukses sudah ada dari koalisi partai, rasa untuk sementara ini tim sukses tersebut tidak perlu di rombak lagi,” terang dia.
Hal ini dibenarkan oleh Ketua Partai Demokrat Sarolangun, Musharsyah dan  Dolly, Sekretaris PBR Sarolangun. Komunikasi politik yang dibangun partainya selama ini diyakini bakal berbanding lurus pada Pilbup di Sarolangun. “Kita harapkan koalisi terus berlanjut ke Sarolangun dan kita siap mendukung pak Arifien,” tegasnya Musharsyah.
Tunggu Survey
Langkah Arifien Manap maju sebagai calon Bupati Sarolangun bakal ditentukan hasil survey. Hal itu terkait aturan partai tersebut yang menghendaki kandidat dengan elektabilitas tinggilah yang bakal diusung sebagai calon kepala daerah.
“Ya, jika hasilnya (suvey) tinggi, maka dia (Arifien) yang kita usung. Maka dari itu sosialisasilah,” seru Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi, Zoerman Manap ketika dimintai tanggapannya terkait adik kandungnya itu bakal maju di Sarolangun.
Menurut dia, secara pribadi, dirinya sangat mendukung niat Arifien membangun kampung halamannya. Namun demikian ia tidak ingin dianggap tidak professional dalam menjalankan aturan partai. Maka dari itu, bagi kader Golkar yang ingin maju sebagai calon bupati maupun wakil diminta melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat.
“Ada mekanisme yang harus dilalui. Ini terbuka buat semua kader golkar, nanti hasil survey yang menentukan siapa yang layak,” kata Zoerman.
Sementara Arifien Manap mengaku siap mengikuti mekanisme partai. Kegiatan sosialisasi sebenarnya sudah ia lakukan hanya saja tidak segencar bakal calon lawannya, Cek Endra. Apalagi Wakil Bupati Sarolangun itu tiga tahun belakangan namanya cukup dikenal masyarakat setempat. Termasuk Hefni Zen, Nasri Umar, Maryadi Syarif, Facrurrazi, M. Zaki, Solahuddin dll. Hambatan lainnya juga datang dari Ketua Partai Golkar Sarolangun, Haritia Ambiar. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun itu berniat maju dari perahu Golkar. 
“Tinggal sosialisasi yang harus gencar dilakukan. Selanjutnya tunggu hasil survey. Bila hasilnya saya terendah, ya mundur. Bila tertinggi, maju,” kata Arifien optimis.
Ditanya soal pendamping, Arifien mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada partai koalisi. Siapapun itu, ia siap menerima dan bekerjasama membangun Sarolangun.
“Siapapun dia, tentunya figur terbaik yang memiliki komitmen membangun Sarolangun,” tambahnya.

Demokrat & PBR Lamar AM

Partai Demokrat dan PBR Sarolangun kemarin siang (5/07) menemui Arifien Manap (AM) dan menyatakan keseriusannya untuk melanjutkan koalisi partai besar yang telah mengusung HBA-FU. Kedatangan mereka (Demokrat & PBR) adalah untuk melamar AM dan memperjelas serta memperkuat kepastian majunya AM dalam suksesi Pilbup Sarolangun nanti.
“Kita harapkan koalisi terus berlanjut ke Sarolangun dan kita juga sudah siap untuk mendukung pak Arifien,” tegas Musharsyah ketua Demokrat Sarolangun. Bahkan tekad untuk mendukung AM ini sudah seratus persen bulatnya, sebab jika nanti AM tidak mendapat perahu, maka demokrat akan menyediakannya.
“Jika pak Arifien tidak bisa mencalonkan, maka demokrat akan mengusung,” tegas Musharsyah. Dikatakannya, mencuatnya nama AM bakal terjun dalam bursa pilbup nanti membuat peta politik di Sarolangun berubah. Selama ini sederet nama seperti Cek Endra, Hefni Zen, Nasri Umar, Maryadi Syarif dan Hariatia Ambiar, sudah mengiang di telinga masyarakat Sarolangun. Diantara calon kandidat tersebut ada yang sudah mengklaim mendapat perahu, ada yang sudah menyatakan mendapat dukungan puluhan partai dan lainnya.
Namun sejak munculnya nama Arifien Manap, masyarakat sepertinya terkejut dan ingin menykini majunya mantan anggota DPR RI ini untuk Sarolangun.
“Memang figur yang seperti ini yang kita harapkan untuk membangun Sarolangun paska HBA,” tegas Musharsyah lagi.
Dari aturan yang ada, untuk Sarolangun butuh 4,5 kursi agar bisa maju dalam pilbup. Koalisi Demokrat-Golkar yang masing-masing mendapat 3 kursi sudah memnuhi syarat dalam pilbup nanti.
Namun musharsyah menegaskan komunikasi poltik antar partai koalisi pengusung HBA terus dilakukan dan besar harapan koalisi tersebut akan terjalin kembali di Sarolangun.
PBR Sarolangun, salah satu partai koalisi mengakui hal yang sama. PBR sendiri sudah menyatakan dukungannya kepada AM bersama dengan Demokrat.
“Kita yakin dan pasti mengusung pak Arifien dan melanjutkan koalisi besar tersebut,’ kata Dolly sekretaris PBR Sarolangun.
Diakuinya, dari klaim-klaim yang ada dari calon kandidat pilbup Sarolangun, hanya tinggal 4 sampai 5 partai yang belum dirangkum. Namun dengan mencuatnya nama AM, apalagi jika nanti diusung oleh Golkar, maka semua partai non parlemen tersebut akan dirangkum.
“Tinggal 4 atau 5 partai yang belum dirangkum,” sambung musharsyah.
Isteri Belum Tau
Isteri Arifien Manap, Maesita mengaku tidak tau persis sejauh mana langkah-langkah yang diambil suaminya untuk mewujudkan niatnya mencalonkan diri sebagai Bupati Sarolangun. Meskipun demikian ia mendukung sepenuhnya bila Arifien kembali berkarya terutam untuk tanah kelahirannya.
“Bapak tidak bicara banyak soal itu,” kata Maesita ketika dimintai tanggapannya seputar kegiatan suaminya pasca menyatakan diri bakal mencalonkan diri sebagai Bupati Sarolangun periode 2011 – 2016, di gedung DPRD Kota Jambi belum lama ini.
Lantas bagaimana tugas sebagai dewan bila nanti disibukan dengan kegiatan sosialisasi. “Prinsipnya, sebagai isteri saya mendukung. Dimana suami, saya akan selalu mendampinginya tanpa meninggalkan tanggung jawab,” katanya singkat.
Ditempat terpisah, hal itu diakui Arifien. Menurut dia, program – program suksesi belum banyak ia ceritakan dengan isterinya. Alasannya, hal itu masih dalam proses. Ditambah lagi, kepastian pencalonan baru didapat setelah diketahuinya hasil survey. “Ya, ini kan masih proses,” terang Arifien.
Dukungan Mulai Mengalir.

Dukungan untuk Arifien Manap (AM) untuk maju dalam Pilbup Sarolangun April 2011 makin menumpuk. Terakhir, sebanyak tujuh tokoh pemuda Sarolangun menemui AM dan menyatakan dukungannya kepada mantan walikota Jambi tersebut.
Mereka yang datang adalah Andi dan Dasril (Singkut), M Kariem (Sarolangun), M Arham (limun), M Khatib dan Syifianhadi (Cermin Nan Gedang) serta Harkis (Pulau Pandan).
“Figur Arifien ini yang kami harapkan untuk memimpin Sarolangun kedepan,” tegas Harkis. Kebulatan tekad mendukung AM ini mereka utarakan langsung di hadapan AM. Sebelumnya, seluruh tokoh masyarakat dan tua tenganai Batang Asai dan sekitarnya menyatakan dukungannya untuk AM. Pernyataan dukungan ini mereka nyatakan di kediaman AM di Sipin Kota Jambi belum lama ini.  (gtt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar