Senin, 19 Juli 2010

Jaringan Telekomunikasi

Merambah Desa di Tanjabtim

Muarasabak – Sebagian besar desa-desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) kini mulai tersentuh jaringan komunikasi. Sebanyak 29 tower telepon dari berbagai operator telepon sudah beroperasi membuat hampir seluruh wilayah terjangkau.
Kepala Bagian Humas Setda Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Hadi Firdaus mengatakan, sejak tahun 2003 hingga 2009 tercatat 29 tower telepon yang didirikan berbagai operator telepon di Tanah Air.
Seluruh tower itu menyebar di 10 kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di Tanjabtim, dan hanya Berbak merupakan kecamatan yang dinilai kurang potensial sebagai lokasi pendirian tower, khususnya bagi para operator seluler.
"Delapan tower berada di Kecamatan Muarasabak Barat karena merupakan ibukota kabupaten dan pusat pemerintahan Tanjabtim, urutan kedua dipegang Kecamatan Nipah Panjang sebanyak empat tower dan sisanya menyebar di kecamatan lain," ujarnya.
Pembangunan sejumlah tower telekomunikasi ini menjadi pemicu meningkatnya pembangunan daerah di berbagai aspek. Selain itu akses informasi dan pengetahuan semakin cepat didapat dari luar, karena tak jarang operator menyediakan layanan internet dan sejenisnya.
"Pemerintah berupaya membebaskan masyarakat dari keterbatasan komunikasi dengan pihak luar maupun antar warga Tanjabtim sendiri. Jangan sampai warga tidak mengetahui informasi penting di Tanah Air," tutur Hadi.
Saat ini katanya bukan zamannya tidak dapat berhubungan meski dalam jarak yang sangat jauh.
Dengan kemajuan fasilitas komunikasi, para nelayan yang berada di kapal di pesisir sungai atau laut pun kini mampu berhubungan dengan pihak lain tentang hasil tangkapan mereka. Demikian halnya dengan para petani yang ingin mengetahui harga hasil panen mereka dari petani luar daerah. (mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar