Selasa, 10 Agustus 2010

Bandara Depati Parbo Jadi Areal Gembala Ternak

MEDIAJAMBI – Tidak lagi beroperasinya penerbangan Riau Airlines (RAL) membuat Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci, 410 km dari Kota Jambi pasca nyaris terbengkalai. Saat ini Bandara itu, dijadikan warga setempat untuk menggembala ternak sapi.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kerinci Afrizal ketika dihubungi, Selasa mengakui, sejak tiga bulan lalu warga sekitar bandara memanfaatkan areal sekitar landasan pacu untuk menggembalakan ternaknya. “Luasnya hamparan rumput yang subur di sekitar landasan membuat warga sekitarnya memilih tempat itu untuk menggembalakan sapinya,” katanya.
Penertiban atau larangan menggembala di sekitar landasan pacu kini gencar dilakukan, karena dalam waktu dekat bandara di kabupaten paling barat Provinsi Jambi itu segera dioperasikan.
Selain itu pembersihan di semua lokasi juga segera dilakukan, supaya tidak mengganggu atau menghambat aktivitas pendaratan dan lepas landas pesawat nantinya. Petugas bandara kini gencar mensosialisasikan pada warga sekitar supaya tidak lagi menggembala ternak di sekitar landasan pacu, karena akan membahayakan bagi pendaratan dan lepas landas pesawat. Pembersihan kotoran ternak di landasan pacu juga menjadi prioritas, karena bisa membuat landasan licin bila terkena air atau diterpa hujan.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar