Selasa, 17 Agustus 2010

Kapal Cepat Layani Penumpang di Pelabuhan Ka Tungkal

KUALA TUNGKAL- Sebanyak lima kapal cepat dari dua perusahaan pelayaran akan melayani angkutan mudik Lebaran melalui pelabuhan Kuala Tungkal di pantai timur Jambi.
Staf Administrator Pelabuhan (Adpel) Kuala Tungkal Qolbu Thoha, mengatakan, kelima kapal cepat itu akan melayani penumpang rute Kuala Tungkal-Guntung Kepulauan Riau.
“Kendati lonjakan penumpang lewat pantai timur terus menurun, karena penumpang kini memilih angkutan udara dari dan menuju Batam, namun armada laut tetap disiagakan,” katanya.
Kelima kapal cepat yang dioperasikan itu yakni Kapal Motor (KM) Marina Batam-5 dengan kapasitas 202 penumpang, KM Marina Batam-1 (95 penumpang), KM Marina Batam-10 (205 penumpang), KM Marina Baru (117 penumpang dan KM Sabang Marindo-VII dengan kapasitas 252 penumpang.
Rute yang ditempuh kapal cepat itu dari Kuala Tungkal-Guntung-Labuan Batu-Batam dan sebaliknya dengan menelusuri bibir pantai, karena sejak sembilan bulan terakhir kapal “fiberglass” tidak diperbolehkan berlayar di laut lepas.
Menyikapi cuaca buruk yang akan sering terjadi selama puasa atau menghadapi hari Raya Idul Fitri, Qalbu Thoha mengatakan, pihaknya akan terus mengingatkan pada nahkoda kapal untuk tetap mengacu pada laporan BMKG..
Menghadapi mudik Lebaran diprediksikan jumlah penumpang antar-pulau seperti dari Batam tidak akan terjadi lonjakan, kebalikan akan terus menurun. karena calon penumpang memilih menggunakan angkutan udara yang lebih cepat dan murah.
Angkutan Lebaran di pantai timur justru akan meningkat tajam pada angkutan sungai dan pemukiman warga di bibir pantai, seperti Nipah Panjang, Muara Sabak, Sungai Lokan dan daerah bibir pantai lainnya.
Angkutan sungai itu akan meningkat tajam karena daerah pantai timur sebagian besar dilayani oleh angkutan sngai karena minimnya ransportasi darat.(mas/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar