Selasa, 10 Agustus 2010

Empat Kecamatan di Sarolangun Kembangkan Kedelai

SAROLANGUN – Empat kecamatan di Kabupaten Sarolangun kini diarahkan untuk menjadi sentra tanaman kedelai. Penanaman kedelai seluas 200 hektar itu mulai tahun 2010 ini, diharapkan dapat mengatasi kebutuhan kedelai di daerah itu yang terus meningkat.
Menurut Kadis Pertanian Sarolangun, Hardiono, empat kecamatan yang menjadi sasaran pegembangan tanaman kedelai meliputi Kecamatan Pelawan, Singkut, Air Hitam, dan Mandiangin.
Namun, pengembangan tanaman kedelai itu katanya kepada Antara, bisa dikembangkan di kecamatan lain jika memang lahannya cocok guna pengembangan komoditas bahan baku tahu dan tempe itu.
“Sebagian kecamatan kini sudah mulai melakukan penanaman kedelai seperti Kecamatan Air Hitam yang sudah mengambil bibit di Dinas Pertanian setempat, sedangkan kecamatan lain segera menyusul,” katanya.
Pemerintah Kabupaten Sarolangun siap memberikan bantuan bibit yang saat ini persediaannya sebanyak delapan ton bantuan pemerintah pusat, katanya.
Selain memberi bantuan bibit, pihaknya juga akan memberi pendampingan yang dilakukan tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL) kepada petani selama penanaman, perawatan, dan panen.
Ia berharap dengan adanya pengembangan tanaman kedelai, maka produksi kedelai Sarolangun bisa ditingkatkan dan mendorong kesejahteraan petani karena kebutuhan kedelai dari tahun ke tahun terus meningkat.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar