Selasa, 17 Agustus 2010

HBA Kumpulkan Semua Camat

MEDIA JAMBI – Untuk mempercepat program pembangunan memanfaatkan dana Rp 1 miliar per kecamatan, Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) memanggil seluruh camat se Provinsi Jambi, Kamis (12/8) lalu. Mantan Bupati Sarolangun itu, bergerak cepat untuk melihat dan mengetahui apa saja kebutuhan pembangunan di masing-masing kecamatan.
‘’Kita ingin melihat kebutuhan yang terdepan. Karena Camat tentu tahu apa yang diperlukan,’’ terang HBA usai rapat camat yang diadakan tertutup itu. Ditegaskannya, pemberian bantuan Rp 1 miliar tiap kecamatan itu bukan dalam bentuk dana tunai, melainkan berbentuk program kerja. ‘’Bukan dana segar melainkan berbagai program kerja yang totalnya Rp 1 miliar,’’ ujarnya.
Gubernur menyatakan kebutuhan kecamatan yang ada di Kota Jambi akan berbeda dengan kecamatan di kabupaten. ‘’Kota masalah kebersihan, mungkin akan kita bantu mobil kebersihan setiap dikecamatan,’’ kata HBA. ‘’Kemudian, bedah rumah, sertifikat gratis dan bisa juga soal pelayanan kesehatan. Yang penting tiap kecamatan Rp 1 miliar,’’ tukasnya.
Sedangkan mengenai pengelolaan sistem keuangannya, HBA mengatakan akan dikonsultasikan dengan BPK RI Perwakilan Jambi. ‘’Itu sebabnya, seluruh camat saya undang. Karena ada 134 kecamatan di Provinsi Jambi berarti uang akan tersebar Rp 134 miliar untuk seluruh kecamatan,’’ ungkap HBA.
Diungkapkannya, dengan pembagian program senilai Rp 1 miliar per kecamatan maka akan ada pemerataan. “Nanti akan diminta pendapat camat. Karena sasarannya memang masyarakat pra sejahtera atau warga miskin. Bila perlu juga untuk penanganan pelayanan kesehatan,’’ cetusnya.
Ketua Bappeda Provinsi Jambi, Ir H Fauzi Ansori MTp menerangkan jika pemanggilan itu juga bertujuan untuk akselerasi atau percepatan program satu miliar satu kecamatan. “Dalam rangka menyamakan persepsi RPJM provinsi dan kabupaten. Juga diundang para bupati dan Ketua Bappeda,” kata Fauzi Ansori.
“Ini juga terkait janji ketika kampanye dan penyampaian visi dan misi ketika menjadi Cagub dan Cawagub di DPRD Provinsi Jambi,’’ tambahnya.
Menurut Ketua Bappeda, pemanggilan ini juga merupakan upaya fasilitasi yang dilakukan pihaknya untuk percepatan perwujudan program satu kecamatan satu miliar. Sedangkan soal modelnya, nanti akan ada 10 kegiatan di tiap kecamatan di kabupaten dan empat kegiatan di kecamatan dalam kota. ‘’Kegiatan-kegiatan ini tidak mesti sama antara kecamatan A dan B. Namun disesuaikan dengan kondisinya masing-masing. Terutama potensi dan permasalahan yang ada,’’ ungkap Ketua Bappeda. “Jadi bantuannya bukan duit tunai, karena bisa tidak tepat sasaran. Namun, program-program pembangunan,’’ tandasnya.(mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar