Rabu, 04 Agustus 2010

Nasib 178 Transmisgran Mingkung Jaya

Dewan Tunggu
Sikap Bupati
MUAROJAMBI—Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi menunggu sikap dan kepastian Bupati Muarojambi, H Burhanuddin Mahir menyelesaikan persoalan 178 transmigran Mingkung Jaya Kecamatan Sungai Gelam yang belum memperoleh lahan. Dua opsi yang ditawarkan lewat sidang Paripurna juga belum mendapat jawaban pasti.
Ketua Fraksi PAN DPRD Muarojambi, Muhammad Antariksa mengatakan, dua pilihan ditawarkannya pada Bupati. Opsi dimaksud yaitu Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk kompensasi pengganti lahan perkebunan yang selama ini diharap-harapkan. Kompensasi ini dapat digunakan untuk membuka lapangan usaha baru bagi 178 transmigran yang tertinggal dan tidak memperoleh lahan. Sumber dana, disesuaikan kemampuan keuangan daerah. Bahkan tidak mungkin, bersumber dari APBD Provinsi dan APBN. “Opsi kedua, pemerintah menyediakan floating areal di wilayah kecamatan terdekat. Agar kelompok 178 dapat berkebun secara mandiri sesegera mungkin untuk menghindari opsi-opsi spekulatif yang ditawarkan pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Antariksa kepada Media Jambi, Kamis pekan lalu.
Hanya saja, hingga kini dewan belum memperoleh jawaban dari Bupati. Walaupun petani menunggu kepastian memperoleh lahan 15 tahun lamanya. Antariksa meminta, agar pemerintah segera membuat keputusan. Termasuk keputusan terburuk, yaitu tidak ada lagi upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan. “Kalau tidak bisa, putuskan saja. Jadi masyarakat tidak lagi berharap dan menunggu-nunggu,” ujarnya.
Dia mengaku, sudah memiliki beberapa floating area yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan ini. Hanya saja, Antariksa meminta agar dinas terkait bekerja terlebih dahulu berdasarkan tupoksi masing-masing.
(jun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar